Jumat, 03 Juni 2011

Peringkat UI di Asia Tenggara

JAKARTA FisMat C++ Pada pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan Quacquarelli Symonds (QS) bulan ini, Universitas Indonesia (UI) menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk 10 besar QS Asian Top Universities.

"UI menempati peringkat keenam dalam penilaian yang dilakukan QS Asian Top Universities pada Mei 2011. Selain itu UI tetap menjadi 50 terbaik di Asia dari 201 perguruan tinggi di dunia yang dinilai," kata Juru Bicara UI Vhisnu Juwono seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (27/5/2011).

QS merupakan lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia dengan indikator meliputi research quality, teaching quality, graduate employability, dan internationalitation.

Sejak 2004, QS juga telah melakukan pemeringkatan berdasarkan bidang kajian seperti perguruan tinggi unggul dalam bidang Arts & Humanities, Engineering & Technology, Social Science & Management, serta Natural Science, Life Science & Medicine.

Vhisnu menjelaskan, pada kategori-kategori tersebut, UI juga menunjukkan keunggulan. Misalnya, UI menempati peringkat ke-14 dalam bidang Social Sciences and Management. Peringkat tersebut lebih baik dari Korea University, Korea Selatan di posisi 23, dan Osaka University, Jepang di rangking ke-16.

"Dalam bidang Arts and Humanities, UI berhasil berada di peringkat 19 besar di Asia. Kemudian UI berada pada peringkat 25 di Asia dalam bidang Life Sciences and Medicine dan peringkat 52 di Asia dalam bidang IT and Engineering," imbuhnya.

Selain UI, ada tiga perguruan tinggi lainnya yang masuk ke dalam daftar QS Top Asian Universities tersebut yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat 80, Universitas Airlangga (Unair) pada rangking 86, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada peringkat 98.(rfa)

sumber: sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting