Kamis, 21 Juli 2011

Dua Bahas Paling Universal di Dunia

JAKARTA, FisMat.com — Pelatihan dan workshop dengan tajuk Premier Skills yang digalang bersama oleh British Council dan Liga Premier Inggris di Universitas Paramadina, Kamis (21/7/2011), bertujuan untuk membawa para peserta mengenal lebih jauh tentang dua bahasa paling universal di dunia, yaitu bahasa Inggris dan sepak bola. Kepala Badan Pengembangan Bahasa Inggris dari British Council, Danny Whitehead, mengakui sendiri hal itu.

"Kita tahu bahwa bahasa Inggris telah menjadi begitu populer di seluruh dunia dan merupakan bahasa internasional. Sama halnya dengan sepak bola, yang juga sangat populer di seluruh dunia dan merupakan bahasa internasional," kata penggemar klub sepak bola Inggris, Wigan Athletic, itu.

"Jadi kami ingin menggabungkan kekuatan yang sepak bola dan bahasa Inggris miliki untuk menghadirkan motivasi bagi anak-anak mempelajari bahasa Inggris. Tapi tidak hanya itu, mereka juga belajar tentang kerja sama tim, fair play, cara hidup sehat, serta cara untuk menjadi anggota komunitas (masyarakat) yang baik. Oleh karena itulah, sepak bola Inggris memotivasi anak-anak untuk mengerti hal-hal ini."

British Council telah menjalankan program tersebut dengan total 11 negara di dunia. Pada kesempatan kali ini di Jakarta, Premier Skills sukses menghadirkan 400 guru bahasa Inggris dari semua sekolah tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK di Jakarta. Sebelumnya, program yang sama sempat diadakan di Jawa Timur. Lalu, Whitehead juga mengungkapkan bahwa program ini bisa menjembatani anak-anak Indonesia dengan dunia internasional.

"Program bahasa Inggris ini bertujuan menyediakan kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk berkomunikasi dengan dunia, dan kesempatan bagi dunia untuk berkomunikasi dengan Indonesia," ungkap Whitehead.

Program Premier Skills diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bahasa Inggris para siswa di berbagai daerah di Indonesia, tidak hanya secara teori, tetapi juga dalam praktiknya. Selama ini, banyak siswa yang memiliki nilai bahasa Inggris tinggi, tetapi gelagapan saat menggunakannya di dunia nyata.

"Apa yang kita bicarakan ketika sedang berbincang dengan teman? Kita bisa membicarakan tentang sepak bola atau kehidupan sehari-hari, tapi kita tidak akan membicarakan tentang grammar, tenses, dan sebagainya. Maka dari itu, program ini mengajarkan orang-orang tentang bahasa Inggris yang sebenarnya," kata pria berambut pirang itu.

Whitehead tidak setuju dengan anggapan bahwa sepak bola adalah olahraga untuk pria. "Faktanya, aku tidak setuju akan hal itu karena tahun lalu saat bergulirnya Piala AFF, aku datang menonton tiga pertandingan di stadion nasional. Aku menyaksikan pertandingan Indonesia melawan Malaysia, Thailand, dan Filipina. Sungguh hebat melihat begitu banyak wanita dan anak kecil bergabung dalam kerumunan penonton," ujarnya.

"Aku tidak berpikir bahwa sepak bola adalah olahraga pria. Aku rasa banyak perempuan yang tertarik juga pada sepak bola—walau mungkin mereka hanya tertarik pada Irfan Bachdim," seloroh Whitehead.

sumber: sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting