Minggu, 05 Juni 2011

Rata-Rata Nilai UN Bahasa Indonesia SMP/MTs Paling Akhir

FisMat C++Jakarta - Rata-rata nilai akhir ujian nasional sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MTs) mata pelajaran bahasa Indonesia berada di urutan terakhir. Hari ini, Sabtu, 4 Juni 2011, 99,45 persen siswa SMP/Mts dinyatakan lulus. Dari 3.660.803 peserta ujian nasional, total yang lulus sebanyak 3.640.569 siswa. Jumlah itu meningkat 0,03 persen dibanding tahun sebelumnya.

Masih rendahnya nilai mata pelajaran bahasa Indonesia, menurut Mansyur Ramli, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional, karena siswa kurang piawai membaca cepat sedangkan mayoritas soal diawali dengan soal bacaan. "Soalnya sendiri tidak terlalu sulit,” katanya, Kamis, 2 Juni lalu. 

Siswa dituntut mendalami makna dan menjawab cepat, sementara banyak kemiripan dalam pilihan jawaban. "Kalau dibuat rata-rata, bahasa Indonesia termasuk paling rendah," kata Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh, Rabu lalu, 25 Mei 2011.

Dibanding mata pelajaran lainnya, rata-rata nilai bahasa Indonesia terbawah, yaitu 7,49 dengan nilai terendah tak sampai 1,00 hanya 0,80 dan tertinggi 9,90. Angka itu lebih rendah dibanding rata-rata nilai mata pelajaran matematika, yaitu 7,50, dengan nilai terendah 0,80 dan nilai tertinggi mencapai nilai sempurna, 10,00. Adapun mata pelajaran IPA, rata-rata nilainya 7,60 dengan nilai terendah 1,00 dan tertinggi 10,00. 

Sementara itu, nilai rata-rata bahasa Inggris justru di peringkat teratas, berselisih 0,16 angka dari bahasa Indonesia, yaitu 7,65 dengan nilai terendah 0,90 dan nilai penuh untuk nilai tertinggi.

Saat ini, Kementerian tengah menggalang masukan dari berbagai kalangan, baik dari universitas maupun asosiasi untuk terus memperbaiki kualitas soal UN. Khusus soal bahasa Indonesia, Mansyur mengungkapkan bahwa pihaknya kini tengah berkordinasi dengan Universitas Negeri Yogyakarta.

MARTHA THERTINA



sumber: sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting